Kamis, 08 Agustus 2013

Warrent Buffet Dalam Cerita

Dalam artikel sebelumnya Penulis trik menghasilkan uang telah membahas secara ringkas mengenai warren buffet sebagai salah satu trader/investor mungpuni di dunia yang ketajaman pikirannya amat luar biasa sehingga ia diibaratkan sebagai perpaduan antara fisikawan Einstein, seniman Picasso dan raja kaya raya pencipta koin emas Croesus, dalam satu tubuh, sehingga sosok beliau sangat terkenal bagi semua orang karena kesuksesan dan kedermawananya dengan seringnya beramal namun yang terutama adalah bagi para trader atau investor, dan untuk artikel kali ini penulis akan membahas khusus mengenai warrent buffet.
Warren Buffett adalah salah satu orang terkaya didunia, yang berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Dilahirkan di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930. Sejak kecil Buffett sudah mengasah, kemampuan finansialnya, Dia fokus menciptakan nilai tambah bagi yang lain. Buffett kecil tumbuh menjadi anak yang rajin, cerdas membagi waktu, suka bekerja keras, dan fokus sehingga dengan semua pengalaman dan pengetahuanya ia benar-benar memiliki trik menghasilkan uang yang mungpuni khususnya dengan investasi.

Warren Buffett sering juga disebut sebagai “Oracle from Omaha”, karena saat ini ia memiliki harta kekayaan yang bernilai sekitar $53,5 miliar (wikipedia). Bersama istrinya, pria yang berumur 79 tahun tersebut masih tinggal di rumah yang sederhana yang terletak di Omaha, Nebraska, AS yang dibeli dengan harga US$31,500 telah lebih dari 50 tahun lalu dengan tetap tidak memakai pagar pada sisi rumahnya.
Berbagai  pekerjaan dilakukan oleh Buffett kecil, sebagai loper koran, sales door to door ataupun sebagai pencari bola yang hilang dilapangan golf, kemudian Buffett menjual bola bola tersebut dengan harga murah kepada pemain golf. Walaupun hanya bermodal tenaga dan pikiran, hasil dari pekerjaan Buffett tersebut cukup lumayan bagi Buffett kecil. Uang tersebut dikumpulkan lalu dipakai untuk membeli saham 3 unit cities service preffered dengan harga US$ 38,25 per saham, tapi diawal investasinya ini, Buffett mengalami kekecewaan, ternyata harga saham turun,  beruntung Buffett tidak segera menjual, tapi dia “BERSABAR MENUNGGU”, hingga akhirnya harga saham tersebut naik, barulah Buffett menjualnya. Dan ternyata setelah sahamnya dijual, harga saham tersebut mengalami kenaikan yang berlipat-lipat, ada rasa penyesalan, tapi Buffett tidak ingin larut dalam penyesalan tersebut. Kejadian itu, memberikan  pelajaran berharga bagi perjalanan karier Buffett.
Sejak saat itu Buffett rajin melakukan investasi, Buffett bahkan sudah mulai berinvestasi tanah sejak usia SMA, tanah tersebut lalu disewakan kepada petani lain. Buffett sering melakukan jual beli perusahaan. Perusahaan yang hampir bangkrut, dibeli lalu diperbaiki dan dijual lagi, sehingga harga saham perusahaannya meningkat terus dipasar modal. Membuka perusahaan, Dalam praktek bisnisnya Buffett fokus untuk menciptakan nilai tambah.  Berkat kepiawaiannya dalam berinvestasi , pada tahun 2008, Majalah Forbesmenobatkan Warren Buffett sebagai orang terkaya dunia 2008, dengan total kekayaan US$ 62 miliar (setara Rp 542 triliun), menggeser posisi Bill Gates yang telah 13 kali berturut turut sebagai orang terkay di dunia.
Sebuah makna yang penulis trik menghasilkan uang tangkap disini, seberapa hebat pun kemampuan trading anda, seberapa sering pun anda mendapatkan profit, namun apabila anda tidak akan pernah “berhasil” bila tidak ditunjang dengan kemampuan saving dan management money yang baik.
Untuk menjadi kaya seperti Warren Buffet ada beberapa hal dapat kita petik dari kisahnya yaitu bekerja keras, pandai melihat peluang, jangan malu mencari ilmu, pandai mengatur waktu, pandai mengatur keuangan dan sekalipun kita kita tidak bisa sekaya Buffet setidaknya kita patut meniru jiwa kemanusiaan dan sifat rendah hatinya sebagai investasi buat pahala kita nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar