Kamis, 08 Agustus 2013

Indikator Pembantu Trik Menghasilkan Uang

Ketika anda telah meneguhkan hati untuk memilih trading sebagai trik menghasilkan uang tentunya anda juga menginginkan pencapaian yang sukses dalam trading anda alias profit namun untuk memeperoleh yang namanya  profit tidaklah semudah membalikan telapak tangan karena harus didukung dengan analisis yang kuat dan strategi yang tepat juga dan untuk itu tentu sebisa mungkin anda pasti mencari apapun yang dapat membantu anda melakukan analisis lebih mudah dan akurat dan kali ini penulis trik menghasilkan uang membahas mengenai salah satu indikator yang dapat membantu dalam melakukan analisis apa itu? Moving Average adalah jawabanya, Moving average (selanjutnya akan kita sebut sebagai MA) merupakan salah satu indikator tren yang cukup populer bagi kaum trader.Indikator ini memiliki fungsi untuk memprediksi pergerakan dalam jangka panjang. Indikator ini akan menghitung rata-rata pergerakan suatu pair. Moving average merupakan indikator yang sederhana sehingga mudah dipahami dan digunakan serta dapat memberikan informasi yang lengkap tentang pergerakan market. Indikator ini “memperhalus” pergerakan harga dalam rentang waktu tertentu, sehingga kita dipermudah untuk mengenali tren atau arah pergerakan harga secara umum. Mari kita lihat gambar berikut ini.

Gambar di atas adalah grafik 1 jam-an AUD/USD dari sekitar tanggal 16 November 2011 hingga 25 November 2011. Garis berwarna merah yang ditambahkan pad grafik tersebut adalah salah satu contoh indikator moving average yang memiliki periode 50 (MA 50). Artinya, indikator tersebut mengambil data harga dari 50 candlestick terakhir, lalu menggambarkannya sebagai garis yang kita lihat itu. Standar harga yang digunakan biasanya adalah harga penutupan (close), Untuk mengetahui rata-rata suatu pergerakan, Anda cukup melihat rata-rata perbedaan panjang antar candle di periode sebelumnya. Terkadang ada trader yang menanyakan apakah ia dapat melihat harga yang akan menjadi lebih tinggi atau lebih rendah melalui moving average.  Jawabannya adalah "Ya", indikator dapat membaca market secara global melalui sinyal MA.
Kembali ke gambar di atas, kita bisa melihat bahwa MA bisa memperlihatkan kepada kita tren yang sedang berlangsung. Jika harga pada umumnya berada di bawah MA, maka tren saat itu adalah downtrend.
Sebaliknya, jika harga secara umum bergerak di atas MA, maka tren saat itu adalah uptrend. Dari contoh di atas terlihat bahwa trend untuk AUD/USD pada grafik 1 jam-an (hourly) adalah turun (downtrend). Semakin curam kemiringan MA tersebut, maka itu artinya tren yang terjadi semakin kuat. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah memperkirakan potensi arah pergerakan selanjutnya.
MA juga bisa berfungsi sebagai support dan resistance. Istilahnya adalah support dan resistance dinamis (dynamic support and resistance). Dinamakan demikian karena ia bergerak sesuai dengan pergerakan harga.
Pada saat uptrend, MA berfungsi sebagai support. Sebaliknya pada saat downtrend, MA berfungsi sebagai resistance. Dengan keuntungan semacam ini, maka tidak mengherankan jika banyak trader memanfaatkan indikator moving average. Trader melakukan analisa ketika harga bergerak, menembus,dan akhirnya memotong garis MA tersebut. Setelah garis MA ditembus oleh harga, maka sinyal memberitahu trader untuk open posisi mengikuti harga. Sebaliknya, jika harga tidak sampai menembus, justru kembali, atau mematul, besar kemungkinan sinyal yang diberikan belum valid.
Kelebihan lain dari MA selain mudah dipahami adalah dapat menggunakan 2 indikator MA secara bersamaan dengan merubah periode di salah satu indikatornya. Fungsinya adalah untuk mengetahui pemotongan garis yang dilakukan antar MA karena adanya pergerakan harga yang mendekat. Jika alternatif ini ditempuh, maka sinyal akan muncul ketika garis antar MA saling bersilangan dan membentuk perubahan tren dan biasanya hal tersebut memberikan pertanda untuk bika posisi bagi trader.
Itulah sekilas mengenai Indikator MA yang dapat disampaikan oleh penulis trik menghasilkan uang semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk selalu mengikuti artikel-artikel dalm trik menghasilkan uang selanjutnya.

1 komentar:

  1. Indikator memang alat bantu dan saya sekarang menggunakan indikator yang memang sudah saya pahami sehingga saya memperoleh hasil yang maksimal. saya sendiri sekarang menggunakan indikator GSG dalam akun MT4 ECN saya di broker octafx

    BalasHapus